Menyesal Mencari Perguruan Tinggi Terbaik

Setahun yang lalu kita tahu kalau di Indonesia telah diadakan seleksi yang memang menjadi rutinitas tiap tahunya, apalagi kalau bukan Pemilihan atau Penyeleksian untuk masuk ke perguruan tinggi idaman dan peruguruan tinggi yang dianggap sebagai perguruan tinggi terbaik oleh orang orang yang menganggap perguruan tinggi itu baik untuk mereka eksplorasi dari sisi akademis dan dari sudut pandang lain termasuk ramalan akan pencarian mata pencaharian setelah lulus kuliah.

Seperti yang sudah kita tahu, bahwa tidak semudah itu mencari atau istilahnya berburu sesuatu yang setelah beberapa bulan atau beberapa tahun dan atau mungkin beberapa tahun kemudian kita tidak mau dan tidak akan pernah mengucapkan kata kata “menyesal” karena pernah daftar dan bergulung juga mengasah otak di sebuah perguruan tinggi idaman menurut versi kita, mengapa demikian ? karena sudah tidak aneh lagi kalau banyak anak muda atau pun yang sudah “memiliki umur” sekalipun, memasuki perguruan tinggi yang mereka ambil dengan perhitungan “hati” dan bukan dengan perhitungan “masa depan”, dan efeknya setelah lulus apa yang mereka dapatkan ?

1. Masih mencari jati diri, padahal proses mencari jati diri ada pada bangku perkuliahan

2. Tidak Banyak Relasi, padahal relasi sangat besar potensinya jika diledakan di bangku perkuliahan

3. Susah Mencari Pekerjaan, padahal waktu kita masih kuliah paling tidak di tengah tengah jam kuliah bisa disisipkan untuk berwirausaha dan bukan memiliki misi untuk dan “mencar”i pekerjaan tapi “menciptakan”

4. Efek terakhir adalah, sudah bisa ditebak “Menyesal Mencari Perguruan Tinggi Terbaik” menurut versi “Kita”

Sudah lumrah jika seseorang telah mengucapkan kata kata sesal, maka orang tersebut tidak akan kembali melihat apalagi menyentuh hal tersebut kembali, termasuk kuliah dan itu luar biasa merusak generasi bangsa.

Ada beberapa cara dan tips supaya kita terhindar dari kata kata menyesal karena telah kuliah, yaitu dengan cara mengatasi masalah sebelum perkuliahan itu sendiri, atau dengan kata lain pertimbangan yang ketat perlu dipikirkan sebelum memasuki era perkuliahan kita, salah satunya adalah memilih jurusan di perguruan tinggi dan memilih Perguruan Tinggi Terbaik versi cerdas. berikut adalah cara memilih jurusan di perguruan tinggi :

1. Menyesuaikan Cita-Cita, minat dan bakat. Hal ini telah digembor gemborkan oleh lembaga pendidikan nasional bahwa minat dan bakat itu harus total dalam eksplorasinya, sampai sampai suatu program untuk menelusuri minat dan bakat siswa yaitu program Penelusuran Minat dan Kemampuan siswa (maaf kalau salah), oleh tiap PTN di Indonesia sebagai media pendaftaran mahasiswa baru.

2. Informasi yang Sempurna. Cari informasi adalah hal yang penting dan lumrah dilakukan, yaitu tentunya menelusuri informasi mengenai perguruan tinggi tersebut, baik dari teman, saudara, orang tua dll. hal ini dilakukan supaya sedikitnya kita tahu pendapat orang lain yang pernah atau pun memiliki pengalaman di dalam lembaga perguruan tinggi tsb.

3. Lokasi dan Biaya. Bagi orang yang berada pada keadaan ekonomi di atas mungkin tidak jadi masalah walaupun urusan lokasi ada pada lingkunan elite dan biaya yang tiap hari mendadak sekalipun, tapi mungkin bagi orang yang mencari biaya dengan modal “dengkul”, hanya hasrat yang tinggi, lokasi dan biaya mungkin hal yang pertama kali diperhitungkan sebelum kuliah. maka carilah lokasi yang memungkinkan biaya akan keluar secara efisien.

4. Masa depan karir. Dan hal ini juga yang sering diutarakan oleh orang yang mengikuti kuliah, apa itu ? yah ….kerja…kerja…dan kerja, untuk itu perhatikan alumni dan lulusan dari jurusan yang anda idamkan itu, apakah mereka langsung mendapat pekerjaan atau kah hanya menunggu dan menganggur ?

Dan ini tips memilih perguruan tinggi terbaik dan perguruan tinggi idaman

1. Perhatikan Alumni, seperti yang sudah diutarakan di atas bahwa alumni adalah salah satu indikator kesukesan dari suatu perguruan tinggi, karena alumni adalah cerminan dari perguruan tinggi tersebut, jika alumni berkualitas bukan menutup kemungkinan bahwa almamaternya juga berkualitas.

2. Perhatikan Teknologi, ada sebuah perguruan tinggi yang menggunakan teknologi dalam upaya seleksi mahasiswa yaitu diantaranya adalah Universitas Islam Indonesia , dan hal ini merupakan suatu inovasi tersendiri bagi Universitas Islam Indonesia, mengapa demikian karena Universitas Islam Indonesia telah memiliki hal cerdas, selain memiliki dasar sebagai universitas berlandaskan Islam yang kuat, tapi Universitas Islam Indonesia juga cerdas dalam berkompetisi di dunia pendidikan, sehingga berupaya memudahkan para calon mahasiswa atau pun mahasiswa untuk mengikuti suatu tes dengan cara online, sehingga mahasiswa bisa mengikuti tes dimana saja. Hal ini membuka lebar peluang Universitas Islam Indonesia untuk menjadi perguruan tinggi favorit Indonesia, dan Universitas Islam Indonesia bukan hanya dalam hal teknologi, yaitu juga dengan adanya situs asli, dan hal ini memang tidak asing bagi kita, tapi yang menarik adalah, info di situs tersebut selalu up to date dan inovatif.

3. Inovasi. Banyak sekali universitas atau pun perguruan tinggi di Indonesia yang berkualitas bagus tetapi dari tahun ke tahun posisinya dalam hal inovasi sangat sulit, dan hal ini akan mengancam sekali bagi perguruan tinggi itu, karena persaingan diluar sangat ketat, maka kestabilan universitas pun diperlukan,  yaitu dengan inovasi. seperti yang sudah dilakukan oleh Universitas Islam Indonesia yaitu dengan mengadakan lomba lomba pada situsnya, seperti Lomba Blog UII, yaitu sebuah lomba menulis artikel untuk umum. Dan itu bukan tidak dengan alasan, bahwa Universitas Islam Indonesia memiliki potensi besar dalam hal inovasi.

Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca, dan artikel ini dikhususkan bagi Universitas Islam Indonesia

10 Responses

  1. mantap gan. semoga perguruan ane skg termasuk kedalam kategori idaman.

    • mkasih gan.!…semoga dapat menjadi pelajaran besar bagi semua orang yang mencari pekerjaan lewat perkuliahan

  2. memang begitu seharussnya…!


    Iya gan memang seharusnya seperti itu, banyak pengorbanan yang harus dikeluarkan sama kita sip dah !

  3. sekarang kualitas perguruan tinggi sulit untuk dijadikan patokan nyari kerja. yg paling penting (menurut saya), saat kuliah sebisa mungkin aktif di lembaga kemahasiswaan, aktif nyari kerja sampingan (yg agak intelek dikitlah,misal nulis). jadi g melulu ngarepin IPK tinggi. trend skrg yg berkembang tuh banyak perusahaan yg nyari mahasiswa yg udh berpengalaman kerja. lebih bagus lg klo pkerjaan itu berasal dari hoby…

    salam
    -gombal’s-

  4. Wach sip sob artikelnya dan untung saja saya sdh lulus serta langsung kerja,slm sukses selalu…:D

  5. Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^
    Salam dari teamronggolawe.com

  6. wah.. judulnya kontroversi.. rupanya isinya oke.. komentar perguruan tinggi idaman saya juga ya..

  7. Iya gan memang seharusnya seperti itu, banyak pengorbanan yang harus dikeluarkan sama kita sip dah !
    +1

  8. Salut dengan UII sebagai PTS terbaik di Indonesia….jangan lupa substansi tuk perbaikan kualitas akademik dan non akademik secara terus menerus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: