Guru TIK, Guru Komputer Siapakah Mereka

aku pernah denger dari salah satu dosenku di kampus, katanya sekarang itu orang kebanyakan usaha cuman dari “beungeut tipu tipu”,yah memang seperti itu pada kenyataannya di dunia sekarang ini, setiap orang ingin menyelesaikan suatu permasalahan hanya pada akhirnya untuk “D” alias Duit, yah memang aku juga pengen duit dong, yang banyak pula dan gak ingin dikit, soalnya tar gampang abis juga
sekarang kalau kita kaitkan dengan keadaan pendidikan di indonesia kini, lebih dikerucutkan dalam bidang mengajar yaitu guru TIK siapa lagi..
coba lihat dalam satuan puluhan kita bisa hitung berapa guru TIK yg berkompetensi dalam satu sekolah SMA saja di indonesia, kita bisa memperkirakan potensi dan keunggulan dari guru – guru di sma itu terutama yang ditugaskan oleh kepala sekolah untuk mengajarkan murid-muridnya tentang TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) bukan (Teknologi Indrakeenam dan Kekebalantubuh).

tidak bisa dipungkiri bahwa negara ini membutuhkan tenaga pengajar alias guru yang sangat kompeten dibidangnaya untuk mengajarakan guru TIK, disana ada 2 buah unsur besar dan penting untuk diketahui oleh guru TIK

1. Profesionalisme jadi guru TIK terutama harus menguasai materi pokok dari pelajaran yang akan diajarkan oleh nya kepada murid

2. Background, ini sangat penting karena setiap orang bisa jadi guru karena suatu bakat, tapi tidak setiap orang bisa jadi guru terutama guru TIK karena suatu bakat saja, tetapi ada suatu lemabaga hukum yang menaungi dan akan melindungi guru untuk tetap bertanggung jawab mengajarkan TIK kepada murid-muridnya…

jadi apa kesimpulan dari semua ini,

Syarat jadi guru adalah diakui, artinya ada pengakuan dari negara berupa SK, dan untuk mendapatkannya harus ada Akta 4 atau dia lulusan jurusan Pendidikan Komputer Keilmuan (Jarang sekali di Indonesia atau bahkan hanya ada satu yang memproduksi lulusan ini )

Dan sekedar pengetahuan saja, yang sekarang sudah terlihat ada benih benih kompten di Indonesia untuk jadi guru TIK yang syah lulusannya untuk jadi guru (malahan tidak perlu lagi membeli Akta 4) adalah Pendidikan Ilmu Komputer (Silahkan cari di Google, Altavista dll)

Pendidikan Ilmu Komputer, satu satunya program studi yang paling berkompeten untuk itu dilihat dari segi manapun, mengapa demikian ?

1. Karena Ilmu Dasar Matematika sudah ada dan diajarkan disana
2. Karena keilmuan komputer dan desain produk diajarkan disana pula
3. Silabus dan RPP kependidikan dibahas lengkap pula disana
4. Setelah lulus gelarnya adalah S.Pd alias Sarjana Pendidikan (di bidan g komputer)

kata kunci: Pendidikan Ilmu Komputer, Guru TIK, Kurikulum TIK

13 Responses

  1. Yup betul bung giri!
    Dasar ilmu matematika harus sangat kuat bagi calon pendidik TIK di sekolah menengah, sebab kan olimpiade TIK akan banyak mengeksplor logika matematika.

    • yah itu yg saya maksud, trus di sekolah itu bukan kita mengajarkan Mr. Exel ama Mr. Aword, tapi kita sebagai pendidik bukan hanya pengajar

  2. Guru Komputer itu adalah saya..

  3. mantab gan….
    suatu persoalan harus di handle sama orang yang berkompeten…. jika ngga tunggulah kehancurannya….

  4. saya juga calon guru komputer niiih…..
    jadi ayo sesama guru komputer jangan saling menyikut, walau pun nanti dipastikan bakal ada persaingan..😀

  5. mas tukeran link yuk??
    tar pasang link saya…
    trus konfirmasi ke saya.
    tar saya pasang linknya punya mas di blog saya gmn???
    terima kasih

  6. Silakan kunjungi :
    http://cs.upi.edu

    untuk mengetahui lebih jelas siapa guru komputer itu?

    iya kang ayo kita sama sama cari jati diri seorang guru komputer itu hmmmm

  7. hmm, terimakasih ata infonya..

    iya sama sama gan….:)

    iya gan makasih juga atas kunjungannya, yg sering yah datengnya..hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: